Pentingnya Herbal Temulawak Bagi Orang yang Mengidap Penyakit Anemia


Pentingnya Herbal Temulawak bagi Orang yang Mengidap Penyakit Anemia

Oleh : Afifa Humaira

Sastrapuna.com- Penyakit anemia adalah suatu penyakit yang menyebabkan penderitanya mengalami kekurangan sel darah merah dalam tubuhnya. Akibatnya, tubuh kekurangan oksigen. Penyakit ini sangat mengganggu aktifitas sehari hari. Penyakit ini juga memiliki gejala-gejala tertentu seperti, mudah lelah, pucat, sakit kepala dan lainnya. Namun penderita dapat mengatasi penyakit anemia dengan cara meminum herbal temulawak. 

Herbal temulawak dapat memberi pengaruh positif pada sel darah merah. Oleh karena itu, penulis akan membahas tentang penyakit anemia, dampak penyakit anemia, gejala penyakit anemia, manfaat temulawak, dan cara pembuatan herbal temulawak.

Apa yang di maksud dengan penyakit anemia? Anemia adalah kondisi tubuh kekurangan sel darah merah yang sehat. Akibatnya organ tubuh tidak mendapatkan cukup oksigen sehingga membuat penderita pucat. 

Menurut halodoc, penyakit anemia adalah masalah kesehatan yang terjadi karena sel darah merah dalam tubuh rendah. Tak hanya itu, anemia juga bisa terjadi saat hemoglobin yang terkandung dalam sel darah merah tidak mencukupi kebutuhan tubuh, seperti protein kaya zat besi yang memberi warna merah pada darah. https://www.halodoc.com/kesehatan/anemia (diakses tanggal 11 oktober 2022)

Dampak apa saja yang di timbulkan penyakit anemia? Penyakit anemia dapat menimbulkan dampak negatif. Dampak negatif yang akan terjadi dari penyakit anemia yaitu menurunnya imunitas, menurunnya konsentrasi, menurunnya prestasi belajar, dan menurunnya kebugaran. 

Menurut halodoc, penyakit ini bisa saja berdampak fatal. Anemia menjadi masalah kesehatan jangka panjang seperti:

Menurunnya kecerdasan dan kinerja tubuh. Bagi anak yang terkena penyakit anemia kronik kemungkinan memiliki IQ yang rendah. Bagi orang dewasa, anemia bisa menyebabkan kondisi mudah mengantuk dan sulit berkonsentrasi.

Baca Juga:Dampak Penggundulan Hutan di Takengon

Tumbuh kembang terhambat. Anak yang mengalami anemia cenderung memiliki tumbuh kembang yang lambat. Akibatnya kekurangan zat besi. Zat besi perlu untuk pertumbuhan sel pada anak. Anak yang terkena penyakit ini, tidak mengalami kenaikan berat badan dan nafsu makan menurun. 

Kesehatan Reproduksi Terganggu. Pada wanita remaja dan dewasa, anemia dapat berakibat gangguan kesehatan reproduksi dalam jangka panjang. Perempuan yang memiliki penyakit anemia rentan mengalami komplikasi saat hamil dan bersalin. Keguguran, persalinan prematur, bayi lahir berat badan rendah, dan pendarahan setelah persalinan  yang akan dihadapi.

Gagal jantung. Kondisi gagal jantung adalah kondisi yang dapat berakibat fatal. Kondisi ini menyebabkan kinerja jantung tidak optimal dan sulit mendapatkan oksigen ke seluruh tubuh. Jika kondisi ini berlangsung lama, maka jantung kehilangan kemampuan berkontraksi dan terjadi gagal jantung. 

Kematian. Beberapa anemia bawaan, seperti anemia sel sabit, bisa menyebabkan komplikasi yang mengancam jiwa. Kehilangan banyak darah secara cepat mengakibatkan anemia akut yang parah dan berakibat fatal. https://www.halodoc.com/artikel/ini-5-akibat-fatal-yang-bisa-muncul-akibat-anemia (diakses tanggal 11 oktober 2022)

Gejala apa saja yang di hadapi penderita? Menurut halodoc, penyakit anemia tidak boleh dibiarkan berlarut-larut karena dapat menimbulkan gejala seperti Mudah lelah, kondisi kurang stabil, pucat, sesak, kurang berenergi, sesak napas, sakit kepala, kaki/tangan terasa dingin, sensasi kesemutan pada kaki, lidah bengkak, menurunnya sistem kekebalan tubuh, sakit pada bagian dada, jantung berdebar cepat, kuku mudah patah, rambut mudah rontok, dan nafsu makan menurun. https://www.halodoc.com/kesehatan/anemia-defisiensi-besi (diakses tanggal 11 oktober 2022 )

Manfaat apa saja yang di berikan temulawak bagi penyakit anemia? Temulawak adalah tanaman herbal yang berasal dari indonesia. Manfaat temulawak bagi penderita penyakit anemia adalah temulawak dapat memberikan dampak positif bagi sel darah merah. Karena memiliki zat yang berguna sebagai antioksidan untuk melindungi sel sel dalam tubuh. Namun menurut alodokter, tidak hanya bagi penyakit anemia tetapi temulawak juga memiliki manfaat lainnya. Berikut manfaat temulawak bagi penyakit lain:

1.  Menurunkan risiko terkena penyakit kanker. Temulawak memiliki efek antiradang, antioksidan, dan antikanker yang cukup kuat. Ekstrak temulawak dapat mencegah dan menghambat pertumbuhan sel-sel kanker, seperti kanker payudara, kanker serviks, dan kanker hati.

2. Mengendalikan kadar gula darah. Temulawak juga dapat menurunkan kadar gula dalam darah dan menjaganya tetap stabil. Manfaat temulawak ini berasal dari efek antioksidan dan antiradang yang dapat menekan stres oksidatif dan peradangan.

3. Menjaga kesehatan dan fungsi hati. Beberapa studi ilmiah mengungkapkan bahwa temulawak bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan fungsi hati serta mengurangi peradangan pada hati. Ini diduga berkat efek antioksidan dan antiradang yang terdapat pada temulawak.

4. Mengatasi gangguan pencernaan. Minuman herbal cukup dikenal manfaatnya untuk meringankan gejala gangguan pencernaan, seperti diare, sakit perut, dan sembelit. Sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa temulawak memiliki potensi manfaat untuk mengobati radang lambung atau gastritis.

5. Mencegah dan mengatasi infeksi. Temulawak mengandung xanthorrhizol dan kurkuminoid yang berfungsi sebagai antimikroba. Berbagai riset menyebutkan bahwa ekstrak temulawak dapat membasmi dan menghambat pertumbuhan bakteri penyebab penyakit, seperti  bakteri Salmonella dan E.coli. https://www.alodokter.com/menilik-manfaat-temulawak(diakses tanggal 11 oktober 2022)

Bagaimana cara membuat herbal temulawak? Mula mula kupas temulawak sebanyak 1/2 ons. Tidak lupa di cuci sampai bersih. Lalu, Siapkan 4 batang sereh, dan digeprek. Setelah itu, Siapkan gula merah secukupnya (sesuai selera). Rebus semua bahan yang sudah di siapkan dengan air. Tunggu hingga mendidih. Setelah mendidih dinginkan sebentar. Setelah didinginkan,  saringlah herbal temulawak tersebut. Lalu taruh herbal tersebut di gelas. Herbal temulawak siap untuk di minum.

Berdasarkan uraian di atas, penulis dapat menyimpulkan bahwa penyakit anemia adalah kondisi tubuh yang kekurangan sel darah merah. Dampak kekurangan sel darah merah yaitu, kurangnya imunitas, kurangnya konsentrasi, dan kurangnya prestasi belajar. Tak hanya itu, anemia juga bisa berdampak fatal bagi seseorang.  Penyakit anemia dapat  di ketahui oleh seseorang jika dia sedang menderita penyakit anemia. 

Mereka dapat mengetahui melalui gejala - gejala yang mereka rasakan. Gejala tersebut yaitu, mudah lelah, sakit kepala, sesak napas, pucat, kurang berenergi dan nafsu makan menurun. Penyakit anemia dapat di sembuhkan dengan herbal temulawak.

Manfaat temulawak antara lain dapat memberikan pengaruh positif bagi sel darah merah. Karena memiliki zat antioksidan. Tak hanya itu, temulawak tentu saja memiliki manfaat lainnya. Manfaat temulawak bagi penyakit lain yaitu, menurunkan resiko terkena penyakit kanker, mengendalikan kadar gula, menjaga kesehatan fungsi hati, mengatasi gangguan pencernaan, dan dapat mencegah atau mengatasi infeksi. Temulawak dapat di manfaatkan dengan cara di olah menjadi herbal temulawak. Dengan kita membuat herbal temulawak, kita dapat meminum herbal tersebut dan dapat terhindar dari penyakit yang tak di inginkan.


Penulis  adalah siswa kelas unggul X-9 SMA Negeri 1 Lhokseumawe.






Berita Terkait

Posting Komentar

0 Komentar