Penggunaan Internet bagi Kalangan Pelajar

 

Oleh:Hadis Nurfathna

Di zaman era globalisasi yang sangat modern, internet sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari  di kalangan pelajar.  Bagi remaja dan  orang dewasa. internet sangat dibutuhkan. Dalam berbagai aspek kehidupan,banyak manfaat yang bisa kita dapatkan melalui internet baik dalam mengakses ilmu pengetahuan dan maupun komunikasi yang mempermudah seseorang dalam kehidupan sehari-hari. 

Akan tetapi banyak kita lihat bahwasanya  pelajar atau remaja yang salah dalam mempergunakan Handphone atau internet. Sebaiknya sebagai pelajar kita lebih mengetahui dan mengambil point positif dalam penggunaan internet 

Diikarenakan banyak di kalangan pelajar yang salah dalam mempergunakan internet. tidak sedikit pelajar yang salah dalam mengakses media internet seperti membuat video di aplikasi tiktok dan bermain game pada saat proses belajar - mengajar. Mereka tidak menjadikan internet sebagai alat yang mempermudah dalam belajar, melainkan hanya sebuah metode pelengkap di zaman yang modern ini.

 

Padahal banyak manfaat yang bisa  di peroleh dari media internet baik dalam membantu proses pembelajaran, maupun mencari materi yang susah dipahami. Selanjutnya hal ini  mempermudahkan seseorang untuk mengerjakan tugas-tugas yang diberikan disekolah. 

Banyak pelajar yang menyalahgunakan internet dengan menjadikannya sebagai media hiburan yang tidak bermanfaat. Atau  sebagai sarana hanya untuk bermain,  membuat konten yang tidak ada manfaat untuk dirinya. 

Padahal sudah jelas bahwa media internet merupakan sarana atau wadah dalam membantu kita untuk mengakses ilmu pengetahuan yang bahkan belum kita ketahui, begitu banyak manfaat dari media internet.  Namun sayangnya banyak di kalangan pelajar yang salah mengartikan fungsi dari media internet


Apa dampak positif dan negatif yang terjadi dikalangan pelajar dengan media internet?

 Maraknya aplikasi yang membuat remaja lalai dengan media internet, sehingga memberikan dampak negatif ke depannya bagi pelajar. Tidak sedikit remaja yang salah dalam menggunakan internet.  Banyak  pelajar yang menggunakan aplikasi TikTok, game online di saat jam pelajaran sedang berlangsung dan bahkan  mirisnya lagi guru di depan pun di abaikan. Ini karena keasikan dengan dunia internetnya sendiri. Ini merupakan dampak negatif bagi kaum remaja indonesia saat ini.

Baca Juga;Mencipta Sosok Fiktif Nan Imajinatif dalam Cerpen

Namun ada juga sebagian remaja yang menggunakan handphone sebagai alat media pembantu dalam metode pembelajaran.  Ini untuk mempermudah dirinya mengakses berita hingga metode pembelajaran yang sulit untuk dimengerti. Sebenarnya inilah fungsi dari terciptanya handphone agar mempermudahkan seseorang dalam berbagai hal dikarenakan dalam internet apapun bisa dilakukan.

Handphone sudah tersedia semua aplikasi yang dapat membantu kita dalam mempermudah kehidupan sehari-hari baik dalam pembelajaran, sebagai alat komunikasi, bahkan sampai ke cara atau tutorial yang  tidak kita ketahui bisa dicari di media internet.

Pengguna internet saat ini terus meningkat dan terus bertambah setiap harinya. internet di kalangan remaja saat ini menjadi salah satu kebutuhan pokok, namun tidak semua para remaja menggunakan internet dengan baik dan benar dan banyak yang menyalahgunakan internet terutama di kalangan para remaja. Penggunaan internet saat ini banyak di gunakan untuk mengakses jejaring sosial/media sosial. 

Media sosial yang paling banyak digunakan antara lain facebook, whatsapp, Instagram, tiktok, dan youtube. Kemudahan akses internet tidak selamanya berdampak positif, sudah banyak termasuk para remaja yang kecanduan internet. Sebagian besar menggunakan internet untuk hal-hal yang tidak semestinya, untuk berinteraksi dengan orang yang tidak di kenal, mengakses konten pornografi, cyberbullying dan cybervictim, untuk sebagiannya bermain game online dan kepentingan lainnya. Kompasiana.comhttps://www.kompasiana.com/amp/farizqia4184/61d9948206310e7784688ed2/pengaruh-internet-terhadap-remaja. diakses kamis 07 september 2023

Mengapa sebagai seorang pelajar atau remaja kita harus bijak dalam menggunakan media internet? 

Dikarenakan kitalah yang akan meneruskan perjuangan bangsa ini ke depan nya, jika kita sebagai seorang remaja atau pelajar salah dalam mengartikan apa fungsi dari internet tersebut, akan bagaimana perkembangan zaman ke depan nya kelak? dengan marak nya kecanggihan yang akan muncul ke depan nya bagaimanakah nasib negeri yang kita cintai ini, oleh karena itu kita harus pandai dan bijak dalam menggunakan atau mengartikan fungsi dari media tersebut. 

Kemudian sebagai seorang pelajar dan remaja kita harus memanfaatkan teknologi tersebut dengan benar dan bermanfaat bagi diri kita sendiri dan juga bagi orang lain, banyak cara yang bisa kita manfaatkan dari media akses jaringan tersebut selain bisa membantu dan mempermudah kita dalam berbagi hal ia juga bisa menghasilkan uang dan ilmu bagi siapa yang benar dan tepat dalam menggunakan internet tersebut, jadilah remaja yang pintar dan cerdas dalam segala hal dikarenakan ke depan nya kitalah yang akan menentukan nasib bangsa ini.

Kita sebagai penikmat sosial media sudah seharusnya bisa memfilter informasi yang disajikan lewat sosial media dan bersikap bijak dalam menggunakan sosial media. Karena jika tidak, mungkin hal-hal yang tidak diinginkan bisa terjadi. Kerugian yang terjadi akibat perilaku tidak bijak ini tidak hanya dirasakan oleh diri kita tetapi juga dirasakan oleh pihak lain, baik yang bersangkutan dengan kita ataupun tidak sama sekali.

Semua kegiatan atau informasi yang sedang trending di sosial media dapat diakses secara mudah melalui internet baik itu situs web, aplikasi, maupun sosial media lainnya. Bahkan sebagian orang sengaja membaca atau melihat informasi yang sedang trending demi memenuhi kebutuhan infromasinya. http://psikologi.ump.ac.id/pentingnya-bersikap-bijak-dalam-bersosial-media/  diakses pada kamis 07 september 2023.

Mengapa penggunaan internet dari tahun ketahun terus meningkat?

Dikarenakan zaman sudah sangat modern dan berkembang bahkan dari data yang diperoleh penggunaan internet dikalangan pelajar mulai dari umur 13 - 18 mencapai 98%, 

Baca Juga: Transparansi Pemilihan Ketua OSIS SMA Negeri 1 Kota Lhokseumawe

Sudah jelas bukan? bahwasanya 98% pelajar indonesia yang menggunakan metode internet dan bahkan hanya 2% yang tidak menggunakan media elektronik pengakses jaringan tersebut, tentunya media internet sudah menjadi salah satu kebutuhan bagi kalangan remaja dan pemuda saat ini

Kemudian jaringan internet yang sudah semakin luas dan berkembang. Hal ini  membuat pelajar dan remaja yang tidak ingin ketinggalan dalam berbagai informasi dan teknologi dari internet tersebut. 

Tentunya internet adalah alat bantu dalam media komunikasi baik dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan juga kerabat - kerabat yang bahkan jarak jauh dan sampai keluar negeri sekalipun begitu canggih dan berkembangnya media internet di tengah- tengah zaman modern saat ini dan pastinya semakin berkembang nya zaman ke depan nya semakin canggih dan meningkat penggunaan internet bagi kalangan pelajar dan remaja.


Di Indonesia sendiri, pembangunan jaringan internet semakin meluas di berbagai pelosok negeri setiap tahunnya. Pertumbuhan jaringan ini menyebabkan masyarakat yang mengakses internet di tanah air pun semakin bertambah. 

Berdasarkan laporan Badan Pusat Statistik (BPS), persentase masyarakat Indonesia yang mengakses internet terus meningkat dalam lima tahun terakhir. Berdasarkan data tersebut, angka pengguna internet dunia tercatat naik 8,16% dibandingkan setahun 2021. Global Web Index dalam laporannya mencatatkan bahwa rata-rata waktu yang dihabiskan masyarakat global untuk mengakses internet selama 403 menit atau 6 jam 43 menit.

pengguna internet di dunia naik signifikan sejak 2005 angkanya sudah mencapai 5,3 miliar orang https://www.cnbcindonesia.com/research/20230112114124-128-404935/tren-pengguna-internet-dunia-terus-meningkat-bagaimana-ri Diakses pada kamis 07 september 2023 .


Simpulan 

Sebagai seorang pelajar dan remaja penerus generasi bangsa kita harus mampu dalam bersosial media dengan baik dan benar, memanfaatkan media internet sebagai media untuk menambah ilmu pengetahuan dan menjadikannya sebagai alat komunikasi sewajar dan secepatnya, karena ke depan nya kitalah yang akan menentukan masa depan bangsa ini dan semakin maju dan canggih zaman ke depannya semakin luas pula imu yang bisa kita pelajari dan teknologi yang bisa kita manfaatkan jadi bijak lah dalam melakukan sesuatu dan pandai - pandai lah mengakses media internet agar bisa bermanfaat bagi kita sendiri, dan untuk orang lain karna sebaik baik nya manusia adalah manusia yang bermanfaat untuk banyak orang

Penulis adalah Siswa Kelas XII IPA 8 SMA Negeri 1 Lhokseumawe 

             

Berita Terkait

Posting Komentar

1 Komentar