UMKM dan Kesejahteraan Masyarakat

 

Oleh: Suci Tri Ananda Octiani

UMKM adalah usaha produktif yang memiliki perorangan maupun badan usaha yang telah memenuhi kriteria badan usaha. Pada struktur perekonomian Indonesia,usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) adalah kelompok usaha yang memiliki jumlah paling besar.Hal itu dikarenakan,kelompok usaha ini terbukti tahan terhadap berbagai macam goncangan seperti krisis ekonomi.Kriteria UMKM dibedakan secara masing masing meliputi usaha mikro, kecil,dan usaha menengah.

Baca Juga:Juang dalam Nikmat-Nya

Bantuan UMKM biasanya disalurkan oleh pemerintah secara langsung kepada masyarakatnya,bantuan UMKM ini sangat berguna bagi kehidupan masyarakat indonesia,karena bantuan UMKM ini membuat masyarakat yang tinggal di pedesaan  sangat terbantu, apa lagi yang ekonominya minim dalam kehidupan sehari harinya.

Bantuan UMKM di Indonesia sangat buruk , karena pemerintah ada yang tidak peduli dengan masyarakatnya.bSebaiknya bantuan UMKM untuk masyarakat lebih dipedulikan oleh pemerintah setempat.

 

Karena bantuan UMKM itu sangat penting bagi masyarakat indonesia yang tinggal di pedesaan dan bantuan UMKM ini lebih berguna untuk masyarakat yang sangat minim ekonominya. Sebaiknya pemerintah i lebih peduli terhadap masyarakat yang kurang mampu dengan cara diadakannya bazar makanan atau festival makanan. 

Adapun kerajinan tangan bisa dikatakan dengan kreativitas masyarakat setempat dalam menjual belikan di festival tersebut, dengan adanya cara itu masyarakat bisa dibilang kurang mampu sangat terbantu dalam kehidupan sehari harinya. 

Bantuan UMKM juga membuat kehidupan masyarakat Indonesia lebih terbantu,bantuan ini pun bermanfaat bagi pengangguran atau  pekerja yang  PHK saat pandemi. Selanjutnya, bantuan ini membuat masyarakat yang tadinya tidak bisa membeli sesuatu yang  menjadi bisa. Oleh karena  itu dengan adanya bantuan UMKM, masyarakat pun bisa menuang kreativitas mereka di media sosial ataupun di festival yang diadakan setiap daerahnya oleh pemerintah setempat.

Faktanya bantuan UMKM ini bisa membuka lapangan kerja bagi pengangguran ataupun yang sangat membutuhkan pekerjaan dan juga membantu modal usaha usaha kecil,oleh karena itu pemerintah indonesia bisa membantu masyarakat indonesia dengan diadakan festival UMKM dan pemerintah bisa mendukung kegiatan ini dengan adanya bantuan berupa uang tunai.

Apa itu Bantuan UMKM?

Bantuan UMKM adalah sebuah bentuk bantuan dari pemerintah untuk masyarakat yang minim ekonominya.bantuan ini biasanya diadakannya festival setiap daerahnya,dengan cara itu pemerintah memberikan bantuan bagi masyarakat UMKM,masyarakat yang mendaftarkan sebagai UMKM bisa dipromosikan melalui sosial media,atau pun berjualan di tempat yang seperti bazar,dengan adanya bantuan ini diharapkan dapat membangun kembali perekonomian bagi para pelaku usaha UMKM, bantuan UMKM juga biasanya bantuan yang diberikan oleh pemerintah secara bantuan langsung uang tunai.

Bantuan UMKM adalah bantuan langsung tunai (BLT) untuk UMKM yang disalurkan oleh pemerintah melalui 2 kementerian,yaitu Kementerian Koperasi dan Kementerian Sosial.bantuan ini biasanya berupa uang tunai sebesar Rp2,4 juta untuk setiap pelaku bisnis.

Dengan adanya program ini,pelaku UMKM dapat memanfaatkan dalam menambah sumber daya manusia hingga penambahan usaha baru bagi kehidupan sehari hari.bantuan ini juga bergantung pada kepedulian pemerintah dan kementerian setiap daerahnya, karena apabila pemerintah tidak peduli dengan masyarakat di daerahnya,maka nilai bantuan UMKM sangat buruk di Indonesia dan meningkatnya nominal masyarakat yang minim ekonominya.

Selanjutnya, bantuan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) adalah sebuah bentuk bantuan dari pemerintah yang ditujukan untuk membantu para pelaku UMKM. Besaran bantuan UMKM berupa uang tunai Rp1,2 juta untuk tiap pelaku usaha.Penyaluran bantuan ini tercantum dalam Peraturan Menteri Keuangan No.134/2022 tentang Belanja Wajib Dalam Rangka Penanganan Dampak Inflasi Tahun Anggaran 2022.

Selain pelaku UMKM, bantuan juga akan diberikan ke angkutan umum, ojek, hingga nelayan.Bantuan UMKM ini tentunya memiliki manfaat yang besar dirasakan oleh para pelaku usaha. Salah satunya adalah untuk menambah modal tambahan agar UMKM dapat melakukan peningkatan di sejumlah sektor. https://www.kitalulus.com/bisnis/cara-mendapatkan-bantuan-umkm diakses  tanggal 11 September 2023


Apa Pengaruh Bantuan UMKM bagi Masyarakat? 

 Pada dasarnya pemberian bantuan UMKM kepada masyarakat adalah sebagai salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat tersebut.Ditengah situasi yang membuat banyak pelaku usaha harus diberhentikan saat pendemi, pemerintah terus mengupayakan agar usaha mereka yang dijalankan tetap bertahan.

Dengan adanya bantuan ini masyarakat yang krisis dengan perekonomiannya bisa lebih bersemangat dalam mencari ide ide atau kreativitas mereka dalam membuka suatu usaha.Masyarakat yang awalnya pengangguran dengan adanya bantuan UMKM ini bisa membuat mereka mempunyai pekerjaan atau membuka usaha sendiri.

Bantuan UMKM ini sangat berpengaruh bagi masyarakat yang perekonomiannya sangat krisis,seperti yang kehilangan pekerjaannya dikarenakan pandemi kemarin atau bisa dikatakan dengan PHK, maka dari itu bantuan ini sangat dimanfaatkan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari harinya.

Adanya bantuan ini bisa membuka lapangan kerja bagi masyarakat yang membutuhkan pekerjaan,dan bisa juga untuk mengembangkan modal usaha mereka yang awalnya berhenti karena tidak mempunya modal usahanya lagi,maka dari itu masyarakat berharap kepada pemerintah untuk tidak lupa memberikan bantuan UMKM ini.Apabila pemerintah sudah tidak memperdulikan bantuan UMKM ini,kehidupan sehari hari masyarakatnya sangat terancam.Disebabkan mereka tidak mempunyai uang yang cukup bagi menghidupkan keluarga mereka ataupun bagi kehidupan sehari harinya.


Selanjutnya, di indonesia, arti UMKM memiliki peranan sangat penting dalam perekonomian negara.Ini karena UMKM adalah penyumbang PBD terbesar, paling banyak menyerap lapangan kerja, serta tahan terhadap krisis keuangan.selain itu, UMKM juga merupakan salah satu sektor industri yang mampu bertahan dalam keadaan ekonomi yang tidak stabil,serta dapat dijadikan sebagai dasar dalam penciptaan wirausaha.Keberadaan UMKM harus dipertahakan dan di kembangkan agar dapat terus berperan dalam meningkatkan kehidupan ekonomi masyarakat,bahwa usaha kecil dapat menimbulkan dampak positif terhadap peningkatan jumlah tenaga kerja,pengangguran ,jumlah kemiskinan,pemerataan dalam distribusi pendapatan,dan pembangunan ekonomi daerah (Choiri Rizal 2020).https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/JAP/article/download/38181/34889/81416 diakses tanggal 10 September 2023

Bagaimana Dampak  Bantuan UMKM?

Selama ini,bantuan UMKM membawa dampak positif untuk kesejahteraan masyarakat.Mereka bisa mengembangkan usahanya dengan menggunakan dana bantuan tersebut.Bantuan ini cukup bisa membantu kembali perekonomian pelaku UMKM yang sangat menurun atau menurunkan tingkat kemiskinan di Indonesia.Dengan adanya bantuan ini masyarakat Indonesia lebih berkembang dalam menjual hasil karya mereka dan membuat UMKM lebih maju dengan kreativitasnya masing masing yang pada era sekarang dipromosikan melalu media sosial.

Sektor bisnis di Indonesia masih didominasi oleh usaha berskala mikro kecil dan menengah (UMKM). Jumlahnya mencapai 99,9 persen dari total 64,2 juta unit usaha. Jika dirinci lebih dalam, usaha berskala mikro (memiliki omzet/tahun maksimal 300 juta dan memiliki aset maksimal 50 juta) adalah yang terbesar jumlahnya, mencapai 63,3 juta unit. Tentunya dengan variasi karakteristiknya yang khas membuat kelompok usaha ini juga sangat terdampak.Berdasarkan data yang dimiliki, 89 persen pelaku usaha mikro kecil di Indonesia tidak menyelesaikan perguruan tinggi. Selain itu, 61 persen pelaku usaha ini memiliki usia di atas 40 tahun dan 64 persen merupakan wanita.https://fiskal.kemenkeu.go.id/kajian/2021/07/14/124544869217136-program-bantuan-modal-usaha-mikro diakses tanggal 11 September 2023.


Simpulan:

Bantuan UMKM ini sangat penting bagi masyarakat Indonesia yang perekonomiannya sangat krisis,kehidupan mereka lebih terbantu dengan adanya bantuan ini,membuat lapangan kerja baru dan menambahkan modal usaha mereka,oleh karena itu untuk kedepannya pemerintah setiap daerahnya harus memiliki rasa kepedulian terhadap masyarakatnya.Apabila pemerintah tidak peduli kepada masyarakatnya terhadap bantuan ini maka meningkatnya nominal kemiskinan di Indonesia lebih tinggi dari sebelumnya.


Penulis adalah Siswa Kelas XII IPA 8 SMA Negeri 1 Kota Lhokseumawe


Berita Terkait

Posting Komentar

0 Komentar