Dilema Mengatur Waktu antara Mahasiswa dan Menjadi Ibu Rumah Tangga

 


Oleh: Dian Hayati 

Menjadi seorang mahasiswi dan menjadi seorang ibu rumah tangga adalah sebuah tantangan .Tidak mudah menjadi seorang wanita yang harus menjalankan dua peran sekaligus.

Menjadi seorang wanita menjalankan peran menjadi mahasiswi dan menjadi seorang ibu rumah tangga harus mempunya fisik dan mental yang kuat.Jadi untuk perempuan yang seperti ini harus pandai untuk membagi waktu terutama harus bisa bertanggung jawab antara bisa menjadi seorang ibu rumah tangga atau menjadi mahasiswi, karena menjadi dua peran sekaligus tidak mudah lohh.

Dan juga harus bisa meluangkan waktu untuk mengerjakan tugas .Dan untuk itu kita perempuan yang menjadi seorang mahasisiwi harus menikmati proses. 

Menjadi mahasiswi sekaligus menjadi ibu rumah tangga tidak membuat kita perempuan harus perfeksionis atau tidak harus sempurna.Dan tidak perlu menuntut diri untuk memiliki standar tersebut.

 Sebagai perempuan yang yang memiliki 2 peran sekaligus harus mengatur waktu kita sendiri dan mengatur waktu untuk keluarga kita.Sebaiknya menjadi seorang mahasiswi dan seorang ibu rumah tangga harus bisa mengatur waktu lebih utama ,baik itu antara memilah waktu mengerjakan tugas dikampus dan dirumah .Nah ada tips nih untuk kita mahasiswi dan ibu rumah tangga sekaligus ,yaitu: 

1.Mengatur  Jadwal Apa Saja yang Perlu Dikerjakan Baik di Kampus ataupun di Rumah.

Jadi menjadi seorang mahasiswi sekaligus ibu rumah tangga kita harus pandai mengatur waktu, antara waktu menjadi mahasiswi atau menjadi seorang ibu rumah tangga.Dalam hal ini peran suami juga sangat diperlukan untuk bisa mempermudah segalanya.Dan kita sebagai perempuan harus bisa membuat jadwal atau skedul pekerjaan sehingga tidak memberatkan kedepannya.

Apakah membuat jadwal harian itu penting? Jawabannya ya. Membuat jadwal harian amat penting terutama bagi Anda punya masalah dalam membagi waktu. Pernahkah Anda merasa tidak punya waktu yang cukup dalam sehari ketika ingin melakukan banyak hal? Anda merasa lelah, dan berpikir jika 24 jam tidaklah cukup.https://ivosights.com/read/artikel/5-manfaat-pentingnya-jadwal-harian-serta-tips-membuatnya diakses 9juni2024

2.Harus Memprioritaskan Kuliah Tanpa Menelantarkan Pekerjaan Seorang Ibu Rumah Tangga.

Nah,untuk kita wanita yang tugasnya 2 sekaligus kita itu harus bisa membagi waktu antara membuat tugas kuliah dan pekerjaan rumah kita tentunyaa ,sebenarnya ini sangat sukar dan melelahkan tapi kita sebagai mahasiswi sekaligus ibu rumah tangga harus sangat sangat banyak bersabar. Kenapa kita wanita harus mempunyai pendidikan tinggi?

Dengan berpendidikan tinggi seorang wanita akan mampu membantu suaminya dalam menyelesaikan berbagai masalah dalam kehidupan. Ia akan mampu memberikan nasehat dan pertimbangan-pertimbangan yang rasional, serta mampu menjadi teman bicara yang sepadan dengan suaminya.

 Pendidikan yang baik akan membentuk cara berpikir dan kemampuan seorang wanita dari sudut pandang yang berbeda. Wanita yang cerdas akan menjadi kebanggaan bagi suaminya.https://binus.ac.id/malang/2019/01/perlukah-pendidikan-tinggi-bagi-seorang-ibu-rumah-tangga/

3. Menjaga Keseimbangan Hidup  agar   Seimbang antara Menjadi Mahasiswa dan  Ibu Rumah Tangga.

Jadi kita sebagai mahasiswi sekaligus seorang ibu rumah tangga ,kita harus sangat sangat bisa menyeimbangkan pola  hidup kita .Mengapa demikian ? Kalau kata kita tidak bisa mengatur keseimbangan tersebut mungkin kita akan memicu stres ,sakit,dan akan menjadi beban tentunya.Jadi untuk kita mahasiswi sekaligus sudah menjadi ibu rumah tangga ,tentunya kita harus pandai pandai menjaga waktu kita supaya hal hal yang akan membuat  kita stres tidak terjadi .

4.Menjaga Kesehatan dan Melakukan Hal yang Menyenangkan.

Tentunya menjadi mahasiswi sekaligus ibu rumah tangga tidaklah mudah ,bahkan kita bisa rentan sakit karena tidak menjaga kesehatan kita.

Nah untuk menjaga kesehatan kita ,kita bisa mengatur pola makanan kita seperti memakan makanan yang sehat ,minum yang cukup ,tidur yang cukup dan jangan lupa juga untuk berolahraga .

 Kita harus melakukan hal yang menyenangkan menurut kita dalam kata lain adalah me time .Jadi me time ini adalah situasi dimana kita butuh  istirahat sejenak dari kesibukan kita dan menikmati waktu sendiri .Me time sangat diperlukan untuk kita wanita yang mempunyai dua peran sekaligus agar kita menjadi lebih fresh setelah banyaknya antara itu tugas kuliah ataupun itu tugas dirumah .

 Cara menikmati me time kita harus melakukan hal yang menyenangkan menurut kita ,seperti contoh shopping,nyalon dan bermain bersama dengan keluarga .

5 .Belajar Menjaga Komunikasi yang Baik dengan Keluarga.

Untuk kita wanita yang mempunyai dua peran sekaligus ,kita harus bisa belajar menjaga komunikasi dengan keluarga apalagi kita sudah mempunyai seorang suami dan anak.Karena berbagai macam persoalan dalam keluarga biasanya disebabkan karena adanya komunikasi yang kurang efektif,” ungkap Prof. Dr. Nurul Hartini, S.Psi., M.Kes., Psikolog. 

Ketika kita sudah mengambil keputusan menjadi seorang mahasiswi sekaligus ibu rumah tangga,berarti kita sudah siap dengan semua konsekuensi yang akan kita hadapi.Sesibuk atau sepadat apapun aktivitas kita dikampus maka ketika kembali kerumah kita harus meluangkan waktu kita untuk keluarga. 

Simpulan 

Untuk kita seorang mahasiswi dan seorang ibu rumah tangga ,kita harus bisa mengatur waktu kitaa yang paling utamanya ,karena mempunyai dua peran sekaligus tidaklah mudah dan kita harus memiliki sabar yang ekstra .Dan untuk kita wanita yang seperti ini jangan lupa Don't forget to always enjoy and be happy, because we are strong and great women ( Jangan lupa untuk selalu menikmati dan berbahagia, karena kita adalah wanita kuat dan hebat). 

Penulis  adalah  Mahasiswa  STIT Syamsudha  Aceh  Utara 










Berita Terkait

Posting Komentar

0 Komentar