Peran Guru PAUD dalam Mendidik Anak Bangsa

 


Oleh:  Putri  Mutiawati 

Dalam mendidik anak-anak yang masih usia dini sangat halus dalam mengenal sikap seorang anak.Peran guru harus semangat dalam mendidik anak-anak.

Guru jangan bosan-bosan dalam mengajari sikap yang baik,guru juga harus sering selalu mengingatkan kepada anak-anak akhlak yang baik,sopan santun,saling menghargai sesama teman sekelas.Guru mampu mengendalikan dirinya bila anak yang tidak patuh terhadap gurunya.

Guru lebih banyak mengutamakan mengajar ke pelajaran yang islami,seperti mengenal huruf Hijaiyah,menghafal surat pendek, lagu-lagu islami.Guru mampu membuat terampil anak -anak menjadi anak yang Sholeh dan Sholehah dan berbakat juga berbakti kepada orang tua.Guru juga mengajari doa-doa sehari-hari agar anak-anak murid menjadi disiplin dalam mengerjakan sesuatu.Contohnya:berdoa sebelum makan,berdoa sesudah makan,berdoa sebelum tidur,berdoa bangun tidur dan sebagainya.

Selain itu guru juga mengajari huruf abjad dan mengenali angka.Jika murid patuh dan rajin dalam belajar,otomatis hasilnya sangat bagus.Murid pun berhasil dalam menerima laporan hasil semester akhir.Mereka yang terampil dalam belajar akan mendapat juara kelas.Orang tua pun menjadi senang dan bangga.Guru pun senang dan puas dalam mengajari murid-murid yang teladan dan prestasi yang baik.:Sebaiknya guru harus mampu mengendalikan emosi dan harus bijaksana.

1.Guru Bisa Memberi Perhatian kepada Anak anak

Langkah yang pertama guru mengajak murid belajar sambil bernyanyi,guru mengajak murid mengenali angka dengan bentuk.seperti contoh:Nol itu seperti bola pimpong.satu itu seperti paku payung,dua itu seperti bebek mandig,empat itu seperti kursi d lipat,lima itu seperti bebek angsa,enam itu seperti mancing ikan,tujuh itu seperti cangkul pak tani,delapan itu seperti telur bertingkat,sembilan itu seperti tongkat kakek,dan sepuluh itu seperti paku dan telur.

Langkah yang kedua guru mengajak murid mengenali huruf abjad sambil bernyanyi.Begitu juga dengan huruf Hijaiyah dan doa sehari-hari.

Untuk menjadi seorang guru yang baik tidaklah semudah membalik sebuah telapak tangan. Selain diperlukan keikhlasan dan ketulusan dalam berbagi ilmu dengan anak didiknya, guru juga harus dapat membuat strategi bagaimana menciptakan iklim belajar yang menyenangkan.

 Proses pembelajaran akan menyenangkan bila guru dapat menjadi teladan bagi anak didiknya, cekatan dalam merespon kebutuhan anak didik, siap kapanpun untuk diajak diskusi, terjalin komunikasi yang efektif antara guru dengan anak didik dan dapat menjadi pendengar yang baik atas persoalan belajar anak didiknya.https://bimba-aiueo.com/guru-baik-yang-disukai-anak-didik

2.Guru Harus Mampu Menguasai Sifat Anak-anak                                                                                  

 Solusinya kita harus pandai dalam mengenali sifat masing-masing anak didiknya.Sebaiknya guru mampu dan sanggup bersabar dalam segala hal.Baik dalam waktu mengajar maupun dalam waktu bermain-main bersama teman-temannya.Guru pun harus cepat menanggapi dan bijaksana terhadap murid-muridnya.Tidak boleh pilih kasih satu sama lain.Bersikap adil dengan semua anak didik tersebut.

3.Guru Mampu Mengendalikan Emosi dalam Menanggapi anak Didik.

  Sebaiknya guru lebih banyak mengarahkan cara-cara adab sopan santun dalam sehari-hari kepada orang tua di rumah,guru di sekolah, maupun adab bergaul sesama teman sekolah.Guru selalu mengingatkan kepada muridnya selalu berbuat baik agar Allah sayang kepada kita.Guru juga mengingatkan kepada anak didik sesama teman umpama satu keluarga.Jadi kita semua sebaiknya mempunyai sikap tolong-menolong,saling menghargai,saling menyayangi dan menghormati kepada yang lebih tua.

4.Guru Harus  Mampu mengarahkan  Anak  untuk  Belajar                                                                   

Sebaiknya guru mampu melatih semua anak didiknya agar terbiasa dalam menghafal surat pendek seperti:surat Al-fatihah, Al-ikhlas, Al-falaq dan surat An-nas.Guru juga membiasakan melatih anak didik mengenali dan membaca huruf Hijaiyah.Selain itu juga guru bisa mengajari muridnya doa sehari-hari dalam bentuk  bernyanyi sehingga anak-anak tidak merasa bosan dalam mengikuti pelajaran di sekolah.Anak-anak pun merasa senang dan gembira.

5.Guru Harus Memberi Motivasi kepada Snak Didik.                 

 Sebaiknya guru tidak henti-hentinya memberikan semangat agar anak didik menjadi terampil dalam segala bidang pelajaran agar menuju kesuksesan.Selain guru memberikan semangat kepada muridnya,orang tua juga mendukung anaknya belajar di rumah agar cepat dan mudah anak dalam belajar di sekolah.

Mungkin tanpa dukungan orang tua di rumah,kami dewan guru tidak sanggup mengajari anak-anak dalam waktu yang singkat.Jadi perlu kerja sama antara orang tua,murid dan guru.Maka terwujudlah keberhasilan dan kesuksesan kepada murid yang patuh,rajin,dan murid juga akan terlatih akhlak yang mulia.Sehingga membuat kedua orang tua bangga.Anak-anak tersebut pun termasuk anak yang berbakti kepada orang tuanya masing-masing.                                                                                                                                                         

Simpulan:                                                                                                             

Kita sebagai guru sebaiknya mengajari anak-anak dengan ikhlas dan penuh kesabaran dan guru juga mewujudkan generasi yang baik.Sehingga mereka menjadi penerus bangsa yang berguna.

Penulis Mahasiswa STT   Syamsudha  Jurusan  Bahasa  Arab

Berita Terkait

Posting Komentar

0 Komentar