Dinas Perpustakaan dan Kerasipan Kabupaten Bireun Laksanakan Kegiatan Lomba Bercerita Tingkat SD/MI Se-Kabupaten Bireun


Sastrapuna.com. Jumat (26/7) Dinas Perpustakaan dan Kerasipan Kabupaten Bireun Laksanakan Kegiatan Lomba Bercerita Tingkat SD/MI Se-Kabupaten Bireun. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis, 25 Juli 2024 di Aula Sekdakab Bireun. Adapun tema dari kegiatan tersebut "Gemar  Membaca  Menciptakan  Anak  Anak  Berprestasi". Tujuan dari kegiatan ini menumbuh kembangkan budaya baca  di kalangan siswa dan menumbuhkan pemahaman tesirat terhadap budaya bangsa.

Kegiatan yang dilaksanakan tersebut diikuti oleh 30 Orang Peserta. Mereka berasal dari berbagai SD dan MI di wilayah Kabupaten Bireun. 

Dalam kesempatan itu, Drs. M. Nasir, M.Pd selaku Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bireun dalam sambutannya mengungkapkan kemampuan  membaca  merupakan  faktor  penting dari  kehidupan  Namun  yang  terjadi adalah rendahnya daya baca sehingga tidak  tahu  apa-apa  yang  dibaca.  Misalnya  untuk  tingkat pendidikan dikawasan Bireun banyak  cerita  rakyat  yang  bermuatan  lokal  tenggelam seperti  Paya Ni, Raja Jeumpa. Akan tetapi hal  itu sudah  tergantikan oleh cerita dari Pulau Jawa.  


Selanjutnya, beliau berharap kepada orang tua yang hadir untuk memberikan motivasi kepada peserta. Dalam kegiatan tersebut rendahnya motivasi orang tua untuk hadir menyemangati peserta untuk ikut serta dalam perlombaan. Semoga ke depannya kegiatan ini dapat ditingkatkan, apalagi Perpustakaan  Kabupaten Bireun sudah dibangunkan gedung baru dan dilengkapi dengan sistem informasi dan teknologi yang berbasis digital.

Kepada  Bapak/Ibu pendamping peserta lomba bercerita agar kedepannya lebih banyak lagi peserta  yang hadir dan mengikuti lomba tersebut. 

Berdasarkan pantauan media, acara tersebut berlangsung meriah. Berhubung banyaknya peserta yang ikut, maka acara berlangsung sampai sore hari. Namun, acara ditutup dengan pengumuman dan pembagian hadiah kepada para pemenang. Adapun nama-nama pemenang dalam kegiatan tersebut adalah Juara I diraih oleh Khalisa Ulfia dengan judul cerita Malainang dari UPTD SD Negeri 1 Bireun, selanjutnya Juara II diraih oleh Putri Adelia Fazilla dengan judul cerita Pocut di Tanjong dari MIN 31 Bireun, dan Juara III diraih oleh Syahira Kamila dengan judul cerita Lagenda Cawan Pingan Batee Raya dari MIN 35 Bireun.


Kontributor : Dea Rama Savitri


Berita Terkait

There is no other posts in this category.

Posting Komentar

0 Komentar