Dalam Rangka Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS Periode 2024/ 2025 SMAN 1 Lhokseumawe Laksanakan Debat Kandidat

 


Lhokseumawe, Sabtu (05/10/2024).SMA Negeri 1 Lhokseumawe menggelar Debat Kandidat Ketua dan Wakil Ketua OSIS  Periode 2024/2025. 

Kegiatan ini sebenarnya dilaksanakan pada tanggal 04 Oktober 2024, ka6rna cuaca yang tidak mendukung, maka kegiatan tersebut digeser ke hari  Sabtu 05 Oktober 2024. 

Debat Kandidat Ketua dan Wakil Ketua OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) ini dilaksanakan dihalaman SMA Negeri 1 Lhokseumawe pukul  7.30. S.d selesai  sebelum proses belajar mengajar.

Debat kandidat ini digelar sebagai salah satu rangkaian kegiatan sebelum pemilihan pemimpin  (Organisasi Siswa Intra Sekolah(OSIS ). 

Melalui Debat  Kandidat  diharapkan peserta didik bisa mengenal lebih jauh siapa yang terbaik untuk memimpin dan mengelola OSIS untuk satu periode  ke depan 

Di hadapan warga sekolah SMA Negeri 1 Lhokseumawe, kedua Pasangan Calon (Paslon) saling mengadu argumen tentang tema yang diberikan oleh tim panelis. 

Adapun dua Pasangan Calon (Paslon) yang ikut debat dalam kegiatan itu yaitu, Paslon 1 Zaydan Aulia Akram dan Muhammad Rava Rafsan Jani dengan Paslon 2 Rafif Ardya Wistara dan Alvurqan Hernanda. Hadir sebagai panelis adalah Bpk. Mukhlis, S.Pd, M.Pd dan Ibu Yohana Selviana S.Pd, M.Pd.Tema utama yang diusungkan dalam debat itu meliputi kesehatan mental, kenakalan remaja, dan pergaulan bebas. Debat Kandidat Ketua dan Wakil Ketua OSIS dipandu Oleh Ibu Mutiawati, S.Ag, M.Pd

Sementara sistematis debat berlangsung dalam 4 sugmen, yaitu meliputi penyampaian visi-misi setiap Pasangan Calon (Paslon), menjawab pertanyaan dari panelis, debat bebas (saling mengajukan dan menjawab pertanyaan sekitaran tema), dan terakhir sesi penyampaian harapan dan mohon dukungan akhir dari seluruh siswa dan guru yang hadir.

Kepala sekolah SMA Negeri 1 Lhokseumawe Drs. Saifuddin M.M, dalam sambutannyapada saat membuka kegiatan menyatakan bahwa “hari ini kita melaksakan pesta demokrasi dalam skala kecil yaitu skala SMA Negeri 1 Lhokseumawe” ujarnya. Beliaumengharapkan kepada Paslon 1 dan Paslon 2 agar menyampaikan program dan gagasan, serta visi-misinya. 

Selanjutnya, beliau menambahkan bahwa “Debat Kandidat terbuka Ketua dan Wakil Ketua OSIS (Organisasi Siswa Intra Madrasah) adalah sebuah pembelajaran demokrasi sejak siswa berada ditingkat sekolah terutama bagi kelas XII yang nantinya sebagian sudah bisa mengikuti demokrasi berbangsa dan bernegara .

Beliau juga mengatakan bahwa “Anak-anak kami berhak memilih, serta bapak ibu guru juga berhak memilih, suara anak-anak kami sama dengan suara kami artinya anak-anak kami 1 suara , kami juga 1 suara . Jadi pilihlah salah satu Paslon (Pasangan calon) yang terbaik, mungkin anak-anak kami sudah bisa melihat rekam-rekam jejak apakah ada jiwa kepemimpinan pada diri Pasangan Calon (Paslon) tersebut, tidak memandang kelas, yang penting yang terbaik itu yang kami harapkan menang. Kita coba berdemokrasi sebagaimana rakyat berdemokrasi” ujarnya. 

Beliau menambahkan lagi bahwa “siapapun yang menang nantinya baik itu Paslon 1 ataupun Paslon 2, kami sebagai kepala sekolah dan guru tetap mendukung” ujar beliau diakhir. 

Sebagai informasi tambahan pelaksanaan pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMA Negeri 1 Lhokseumawe periode 2024/2025 dilaksanakan secara online. 

Konstributor : Barda Shafia (Tim Jurnalistik SMA Negeri 1 Lhokseumawe) 


Berita Terkait

Posting Komentar

0 Komentar