Laksanakan Program Literasi dan Numerasi, SMK N 1 Dewantara Gelar Kegiatan Penulisan Buku Guru

 

SMK Negeri 1 Dewantara Laksanakan kegiatan penulisan buku pada sejumlah guru yang berada di lingkungan tersebut. Kegiatan ini dilaksanakan selama 5 hari mulai dari tanggal 11 s.d 15 Oktober 2024. Tempat pelatihan ini berlangsung diruang kebanggaan dewan guru SMK tersebut. Adapun tema yang diusung dalam. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Penyusunan program Literasi dan Numerasi di SMK Negeri 1 Dewantara. 

Sebanyak 22 orang guru hadir dan antusias mengikuti pelatihan penulisan buku. Hadir sebagai instruktur penulisan adalah Mukhlis,S.Pd., M.Pd. atau akrab disapa dengan nama pena Muklis Puna dari SMA Negeri 1 Lhokseumawe. Penulis yang dikenal luas di media sosial  sangat produktif dalam membimbing dan menulis buku ini diminta untuk memberikan trik dan tips dalam menulis. 

 

Jenis tulisan yang disajikan dalam pelatihan tersebut adalah Penulisan Artikel Ilmiah. Setiap guru diwajibkan untuk menulis artikel ilmiah dengan jumlah maksimal 3000 kata. Artikel tersebut ditulis berdasarkan tiga tema yang dibagikan meliputi Pembelajaran yang Inovatif, Pembinaan Karakter Peserta Didik dan Media Pembelajaran yang Kreatif dan Inovatif. 

Setiap artikel ilmiah yang ditulis oleh guru akan disatukan dalam satu buku dengan judul yang menarik dan berkesan. Selanjutnya Suraida Fitri, S.Pd.,M.M.,  sebagai  Kepala  Sekolah dalam sambutannya pada saat pembukaan kegiatan mengemukakan bahwa kegiatan penulisan buku guru merupakan program lanjutan dari literasi dan numerasi yang dilaksanakan pada Program Khusus ( PK) sekolah tersebut. 

Kemudian  beliau  menambahkan bahwa sebelumnya juga sudah dilakukan kegiatan berkaitan dengan litersai yaitu Uji Kompetensi Bahasa Indonesia (UKBI) pada guru-guru SMK N 1 Dewantara  dengan  menghadirkan  TIM  dari  Balai Bahasa Banda Aceh.  

Selanjutnya beliau mengatakan bahwa kegiatan ini menargetkan para guru di lingkungan SMK Negeri 1 Dewantar dapat menghasilkan 4 buah buku dalam masing-masing tema yang sudah ditetapkan. Dari amatan media, ternyata sang kepala sekolah juga ikut terlibat sebagai perserta. Di sela- sela pelatihan beliau berkomentar bahwa" Ternyata menulis itu mudah sekali, tidak seseram yang dibayangkan." Ujarnya  ( MP)



Berita Terkait

Posting Komentar

0 Komentar